The 5th Bali Cultural Workcamp “Touch the Community”

by Elfira

The 5th Bali Cultural Workcamp “touch the community : get the meaning” Bali cultural camp adalah suatu bentuk kegiatan dari international workcamp yang sudah ada sejak tahun 1920 di Perancis. Penyelenggara kegiatan ini adalah lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam CCIVS (Coordinating Committee for International Voluntary Service) yang didirikan UNESCO pada tahun 1948.

Untuk Asia Timur dikoordinasi oleh NICE (Never-ending International Workcamp Exchange) dan di Indonesia diselenggarakan oleh IIWC (Indonesian International Work Camp) of IPPA. Sejak tahun 1992 IIWC telah mengadakan workcamp di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Bali.

Di Bali kegiatan International Work Camp ini diselenggarakan oleh IIWC Semarang bekerjasama dengan Kisara PKBI Bali sebagai panitia pelaksana. Dan untuk tahun 2008 ini adalah workcamp ke 5 yang diadakan oleh IIWC Semarang bekerjasama dengan Kisara. Kegiatan international workcamp ini bertujuan untuk mewujudkan persahabatan dan perdamaian dunia melalui pertukaran budaya, pendidikan, pemberdayaan masyarakat local dan sumber daya alamnya.

Bali cultural camp ke 5 ini termasuk dalam agenda summer camp. Kegiatan camp ini berlangsung dari tanggal 1-14 juli 2008 bertempat di yayasan anak tangguh, Br. wangbung desa Guwang, sukawati gianyar. Program yang akan dilaksanakan pada bali cultural workcamp ini adalah mengajar bahasa inggris di yayasan, belajar membuat patung, belajar menari dan mempelajari kebiasaan penduduk local setempat. Peserta pada bali camp ini berasal dari dua peserta local, yaitu Elfira (Kisara PKBI Bali) dan Yunia (IIWC Semarang), dan empat peserta asing, yaitu Sylvie (Belgia) , Christophe (Perancis), Yumemi (Amerika) dan Jorge (Spanyol).

Agenda Bali Cultural Workcamp : 1 juli : acara perkenalan di Kisara PKBI Bali 2 juli : acara perkenalan di Yayasan Anak Tangguh, orientasi di sekitar campsite 3 juli : kelas topeng, pergi ke pantai bersama anak-anak yayasan 4 juli : kelas bahasa inggris, kelas cha-cha, mempelajari rumah bali 5 juli : pergi ke sungai, kelas topeng, kelas cha-cha 6 juli : kelas topeng, refleksi kegiatan dan diskusi kespro dan HIV/AIDS dengan remaja desa setempat 7 juli : kelas topeng, kelas bahasa inggris dan pergi ke pasar seni Guwang, membuat canang 8 juli : kelas topeng, kelas bahasa inggris, kelas menari Bali dan membuat ketupat 9 juli : free day 10 juli : kelas ropeng, kelas bahasa inggris, diskusi tentang pendidikan informal 11 juli : kelas topeng, mengunjungi Yakkum Bali, middle evaluation 12 juli : mengikuti lomba layang-layang bersama anak-anak dan remaja desa setempat 13 juli : perpisahan peserta di yayasan Anak Tangguh 14 juli : perpisahan di Kisara selama dua minggu program berjalan dengan cukup baik, meskipun program sewaktu-waktu dapat berubah, namun kita harus dapat tetap menyesuaikannya. Melalui program ini diharapkan nantinya akan ada pertukaran kebudayaan, ilmu dan lainnya antara peserta camp dengan masyarakat setempat.

Hal nyata yang dapat kita lihat adalah fenomena dimana anak-anak berbaur dengan peserta asing. Timbul keberanian dalam diri mereka untuk berani berbicara kepada orang asing walaupun berbeda bahasa. Adanya interaksi tukar bahasa dan adanya pergantian peran dimana anak-anak mengajarkan bahasa indonesia kepada peserta asing dan begitu juga sebaliknya. Solidaritas antar peserta juga terbentuk disini melalui pemahaman akan kebiasaan masyarakat desa yang menerapkan sistem gotong royong.

Selama dua minggu peserta camp banyak mempelajari kebudayaan dalam suatu komunitas desa dan coba menerapkannya dalam kesehariannya menjalani camp. Pada saat perpisahan di yayasan tanggal 13 juli, terasa suasana haru karena workcamp akan segera berlalu.

Elfira adalah volunteer dan Project Officer Kisara untuk Youth Camp

One Response to The 5th Bali Cultural Workcamp “Touch the Community”

  1. lodegen says:

    kirain kemping di sanggar anak tangguh. hehe. great day

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: