Oleh2 dari The 6th Asian Youth Congress

BALI 4-6 August 2008

by Budi Aryawan (Wawan Kisara)

Sebuah pengalaman yang baru bagiku. Terima kasih kpd koordinator KISARA (kak tzu) yang udah ngasi kesempatan. Dan tahu nggak, ada yang unik. Di sini dapat info ternyata ada bayi yang sudah teler  kena  heroin. Gimana ceritanya?

The 6th Asian Youth Congress merupakan acara yang diadakan oleh Colombo Plan Drug Advisory Program (CPDAP) dengan menggandeng berbagai pihak. Acara ini bertujuan untuk menambah dan bertukar informasi tentang Narkoba dan perkembangannya di kawasan ASIA khususnya di kalangan anak muda, memfasilitasi lahirnya solusi yang tepat untuk pencegahan narkoba yang berbasis remaja, Memperkuat jaringan remaja di Asia.

Walupun secara resmi acara ini akan dibuka tgl 4 Agustus, namun seluruh peserta sudah harus hadir tgl 3 jam 18.00 wita untuk proses registrasi dan orientasi. Orientasi diisi dengan pidato dari perwakilan Colombo plan lalu kita di beikan aturan-aturan yang berlaku selama konggres, games, dan tradisi tradisi yang sudah ada sejak AYC yang pertama.

Games2 yang diberikan banyak n sangat menarik yang belum pernah ku dapetin di pelatihan2 sebelumnya. Contohnya tepok tangan 7 kali yang makin lama makin cepet n yang paling seru semua peserta boleh memvariasikan game ini sesuai kreativitas mreka. Selain itu apabila ada peserta yang punya game baru mreka bisa ngajarin peserta yang lain.

Tradisi2 yang ada juga sangat menarik untuk diikuti n remaja bangetzz. Ngebuat suasana jauh dari kesan resmi n ngebosenin. Msalnya aja ktika kt mw masuk ke ruangan smua peserta harus gedor pintu n teriak “let me in”, pas masuk ruangan kt diiringi lagu ‘we are the champion’ versi remix n kt kt harus joged seheboh mungkin sambil tepok tangan ampe lagunya lese. Uda gt kt duduknya lesehan (ga pke kursi, kecuali waktu pembukaan n penutupan). Klo kt mw ngomog di forum, peserta lain wajib ngasi kt gerakan ‘light, camera n action’ sambil tepok tangan, mnurutku gerakan ini bs ngebuat peserta lain memperhatikan yang ngomong. Klouda lse ngomong peserta lain jg wajib ngasi tepokan tngan 2x n jg ‘power woosh’, esensinya adalah kt slalu menghargai orang yag uda mw ngomong (n masih banyak lg yang laen)

Hari pertama tgl 4 Agustus. Hari ini acara 6th AYC dibuka dengan resmi, dilanjutin dengn presentasi per Negara tentang keadaan penyalahgunaan dan penanganan narkoba di negaranya masing2. Yang menarikbagiku disini dalah yang dari afganistan, di Negara mreka orang yang menyalahgunakan narkoba uda dimulai sejak 0 bulan, lha kok bisa????. Pertamanya jg ak kaget, masa bayi yang lum bisa ngapa2in bisa mke. Ternyata bukan salah bayinya, tapi salah ibu mreka. Disana apabila seorang ibu yang jg seorang pemakai narkoba (heroin dan sejenisnya), n kbetulan anaknya emang rewel n mreka ga mw pusing2 ngurusin tu bayi mreka memasukkan narkoba ke dalamsusu tu bayi n ngasi ke tu bayi (bayi yang malang). Habis makan siang dilanjutin pemberian materi oleh Mr. tay tentang “PREVENTION WORKS!”. Disini dijelasin tentang pengaruh narkoba ke kesehatan, perekonomian Negara, keamanan Negara n kenapa kt lebih milih jalan pencegahan (bukan pengobatan ato harm reduction). Setelah itu dilanjutin dengan game “Hot Seven Dots” , sebuah permainan yang menarik yang melatih pola berpikir kt. Esensi dari permainan ini adalah kt sebagai kaum pemuda penerus bangsa (ciehh) uda diwarisi keadaan/sistem yg seperti saat ini yg harus kt perbaiki n bukan menghancurkan yang uda ada , tetapi kt harus memperbaikinya ( mungkin kt bisa nyoba game ini di KISARA lain kali). Jam setengah 6 sore kt diajak panitia nonton pertunjukan atraksi mobil di central parkir kuta (pesan sponsor). Atraksi yang keren bangetzzz (tapi baw ban kebakarnyanusuk2 idung).

Hari ke 2, 5 Agustus 2008. Hari ini dimulai dengan refleksi apa yang uda kt pelajari di hari pertama (diluar games yang slalu ada di awal sesi). Dilanjutin dengan pembekalan dari Mr. Tay (wakil dari CPDAP), Ms. Veronica Colondam ( yang cantik, hehe) wakil dari Indonesia (yayasan cinta anak bangsa) n Ms. Pamela Ponce De Leon (filipina). Diselingi dengan makan siang pembekalan dilanjutin oleh Mr. Little Jhon (Filipina), Mr. Jeremiah I Paath (Indonesia) n salah satu peserta dari Korea (ak ga ingt namanya, tp yang jelas dy cantik, pinter n masih muda/ 17 th). Mreka semua ngomongin apa aja yang uda di kerjakan di negaranya masing2 bwt penanganan narkoba. Ternyata ga jauh beda kok yang uda mreka kerjain dgn yang uda kt kerjain di Indonesia (di KISARA khususnya). Yang menarik yaitu dari yayasan cinta anak bangsa (YCAB), program mreka bwt remaja bagus mnurutku. Mreka punya klub YADA (klub remaja anti narkoba) yang tersebar di beberapa kota di jawa. Mreka punya banyak aktivitas bwt remaja, misalnya aja kursus bahasa inggris, computer, band n masih banyak lagi. Program mreka jg berkelanjutan, contohnya bwt yang uda lulus kursus n englishnya bagus mreka bs ngletih junior2 mreka n bwt remaja yang nge-band YCAB ngebuatin mreka CD album kompilasi. Di hari ini jg kt dapet materi “mobilizing youth to prevent drug abuse”. Inti dari materi ini yaitu kt harus memberdayakan remaja, gmana cara nge bwt mreka berdaya, apa aj yang bs dilakukan agar remaja tertarik bwt ikutan, nyari sumber dana , dll.

Hari ke 3, 6 Agustus 2008. Hari ini kt diajak outbond ke pulau Nusa Lembongan naek kapal Bounty Cruise. Di pantai Nusa Lembongan kt main game ‘the pipes’ dan ‘the helium’. Ga semua peserta ikut dlam games ini. Coz banyak peserta yang masih maboklaut, terutama peserta yang dari negara yang ga punya laut n ga pernah naek kapal laut (negara2 di asia tengah). Esensi dari permainan ini yaitu dalam kegiatan apapun kt harus berpikir holistic, ukan hanya nayari cara yang cepat dalam mencapai tujuan tetapi juga jalan yang paling aman dan menguntungkan (biasanya jalan yang paling cepat yang kita pikirkan adalah jalan yang paling banyak resikonya). Abis games kt balik ke pontoon-nya bounty untuk makan siang. Abis makan siang waktunya acara bebas, banyak aktivitas yang biasa kt pilih disini. snorkeling, riding banana boat, water sliding, semi submarine, dll.

Hari terakhir, 7 agustus 2008. Hari ini kt merefleksikankembali apa aja yang udakt dapetin selama konfrensi. Trus kt nyusun janji peserta n deklarasi yang bkal dibacain waktu acara penutupan. Acara ditutup oleh SekJen Colombo Plan, dilanjutin dengan penyerahan piagam ke masing2 peserta.

3 Responses to Oleh2 dari The 6th Asian Youth Congress

  1. naniemoet says:

    kak wawan yang mana y…??? nie koq ampe ga bisa ng’bedain yang mana kak wawan c..??
    kok bisa mirip gitu y kalian bertiga (kecuali yang cwe lho…)…???
    heE
    peace…..(^_^)

  2. apa aja sih untungya ikut member?
    aku ikut boleh khan?
    aku mahasiswa di Jakarta
    syaratnya apa aja ya . . .

  3. angela says:

    holla
    wow,ur post was really good😀
    i like it .
    im also one of indonesia delegates .
    im angels.do you still remember me ?
    im sorry i forgot who you are .but,whats ur name?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: