Pelatihan Staf Kisara :Membangun Kapasitas dan Komitmen


Sepertinya 8 bulan ini, degup jantung KISARA semakin keras. Aktivitas di dalamnya terus bergulir tanpa henti. Kegiatan demi kegiatan terus berjalan. Waktu terasa sangat singkat. Apa sebetulnya rahasia yang ada di balik semua ini? Dengan tegas bisa kita katakan: ada komitmen, kerja keras, dan motivasi dalam langkah kita semua. Dedikasi teman-teman relawan adalah semangat sekaligus kunci dari semuanya!

Satu pertanyaan kemudian terus bergejolak, bagaimanakah cara menjaga semangat ini, menjaga agar dedikasi dan komitmen para relawan tetap membara, jika mungkin terus mengepul dan menyala sepanjang waktu? Lebih jauh menambah barisan remaja-remaja Bali yang memiliki komitmen dan dedikasi bagi kemajuan remaja.

Ini bukanlah pekerjaan yang mudah. Membangun kapasitas dan memunculkan komitmen. KISARA telah mengawali langkahnya dengan terus aktif melakukan perekrutan relawan-relawan baru, memberikan pelatihan, dan pelibatan relawan secara aktif dalam setiap lini kegiatan. Tingkat turn over relawan di Kisara sangat tinggi, sehingga kita memerlukan strategi khusus untuk meningkatkan kapasitas, bukan semata-mata kuantitas.

Inilah salah satu alasan mendasar dilakukannya pelatihan untuk staf Kisara (dan relawan Kisara). Disamping meningkatkan kapasitas mereka, pelatihan ini lebih spesifik bertujuan untuk membangun komitmen atau memberikan motivasi bagi mereka untuk terus berkarya untuk remaja semuanya.

Kali ini adalah pelatihan seri kedua. Awal Agustus yang lalu, Kisara telah melaksanakan pelatihan internal terkait Kesehatan Reproduksi dan Hak Reproduksi Remaja, termasuk teknik konseling. Pelatihan kali ini lebih difokuskan pada mobilisasi dan pelibatan masyarakat. Pelatihan kali ini menghadirkan tiga orang pembicara yaitu Sonny Ignatius, Mercya, dan Oka Negara.

Secara ringkas, beberapa topik-topik materi yang diberikan antara lain tentang kepemimpinan, organisasi, stake holder, komunikasi, networking, motivasi, mobilisasi massa, komunitas, dan penjelasan sekilas mengenai program The Integrated Youth Center (IYC). Minggu berikutnya akan dilangsungkan pelatihan internal seri ketiga mengenai Management and Organization Skill.

Tentunya serial pelatihan ini sangat diharapkan mampu melahirkan pemimpin-pemimpin remaja yang dapat membawa nuansa baru dalam kemajuan remaja Bali khususnya, dan Indonesia umumnya. Pelatihan ini adalah peluang untuk saling mempengaruhi, saling memotivasi, dan menyatukan langkah demi mewujudkan remaja-remaja yang sehat dan bertanggung jawab. Bola salju ini telah digelindingkan, semakin lama ia akan semakin besar, dan tidak akan dapat lagi dibendung!

dr. I Nyoman Sutarsa, S.Ked

3 Responses to Pelatihan Staf Kisara :Membangun Kapasitas dan Komitmen

  1. Fadli says:

    Wah bagus sekali ada pelatihan seperti itu…🙂

    Pastinya sangat bermanfaat dan jadi pengen ikutan hehe…

  2. agungekanugraha says:

    pelatihannya keren…
    ada her’nya segala…
    hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: