Valentine’s Day for Youth “Blind Love: Makes U’r Choice”

valentine1 Remaja yang saat ini berusia 10-20 tahun merupakan angkatan usia produktif dan pembaharu bangsa era dasa warsa mendatang. Sudah sewajarnya apabila segenap perhatian ditujukan untuk remaja. Hal ini memiliki urgensi yang besar untuk menghasilkan remaja yang bertanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Upaya ini mengandung pengertian bahwa remaja adalah objek yang harus dilindungi dengan melibatkan mereka sebagai subjek pelakunya.

Sejarah telah mengukuhkan kekuatan cinta dan kasih sayang untuk mewujudkan perdamaian. Demikian pula halnya cinta dan kasih sayang juga memiliki kekuatan untuk membentuk remaja yang bertanggung jawab. Pengungkapan kasih sayang tidak selalu dengan pemberian bunga mawar ataupun pemberian coklat. Lebih dari itu, perhatian adalah ungkapan cinta yang tidak ternilai. KISARA mewujudkan perasaan cintanya kepada remaja dengan memilih peduli terhadap permasalahan yang dialami oleh para remaja. Hal ini dilakukan melalui rangkaian kegiatan yang melibatkan remaja dan berupaya sekuat mungkin untuk mewujudkan remaja yang bertanggung jawab.

Hari Valentine adalah momentum untuk mengukuhkan rasa peduli kita terhadap sesama remaja. KISARA memilih untuk mewujudkannya melalui kegiatan “Valentine Day For Youth” yang melibatkan remaja sebagai subjek sekaligus menjadi upaya mewujudkan remaja yang bertanggung jawab. Kegiatan ini adalah bentuk tanggung jawab KISARA dalam menjawab peningkatan hubungan seksual setelah Valentine. Upaya ini sekaligus adalah wujud sikap KISARA terhadap peningkatan kasus Kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD) di kalangan remaja Tingkat pengetahuan remaja terkait kesehatan reproduksi, NAPZA, serta HIV dan AIDS masih dalam kisaran sedang, yang artinya masih perlu untuk ditingkatkan. Lebih dari 50% pengidap HIV dan penderita AIDS termasuk pada kelompok usia 19-25 tahun. Hubungan seksual pra nikah pada remaja adalah 28,5 % (dari berbagai penelitian) dan sekitar 10 % remaja usia 15-19 tahun sudah menikah dan memiliki anak. Terdapat 36% kasus IMS yang diderita oleh remaja usia 16-24 tahun, 46,19% remaja usia 15-29 tahun terpapar HIV-AIDS (Depkes RI). Diperkirakan terdapat 270.000 pekerja seks perempuan di Indonesia, dimana lebih dari 60% adalah remaja perempuan berusia 24 tahun atau kurang, dan 30% berusia 15 tahun. Remaja usia 15-19 tahun yang telah menikah mengalami kematian 2 – 4 kali daripada remaja yang menikah diatas 20 tahun. Jumlah aborsi per tahun diperkirakan 2,3 juta dimana 30% dilakukan oleh remaja, dan 51 % adalah unsafe abortion. Kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD) pada remaja meningkat sekitar 150.000 – 200.000 per tahun (data prediksi). Dalam rentang waktu 2000-2003, survei di 9 kota besar di Indonesia menemukan bahwa jumlah kehamilan yang tidak diinginkan mencapai 37.000 kasus, 27% diantaranya terjadi dalam hubungan pranikah, serta 12,5% korbannya adalah pelajar.

Kali ini KISARA kembali menperingati Valentine’s Day for Youth dengan caranya sendiri, dengan tema “Blind Love: Makes U’r Choice

BENTUK KEGIATAN

  1. Pemaparan situasi remaja saat ini
  2. Games
  3. Spontanitas Remaja dan KISARA

Akustik band dari :

Teater dari SMK TI Bali global,

Joged Bumbung,

Pembacaan puisi,

Modern Dance dari PS IKM UNUD,

Games,

Dan band

d’Kantin, Malvist dan King Of Panda

  1. Makan Bersama
  2. Bazzar Kreatif KISARA

PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu : Minggu, 15 Februari 2009

Pukul : 17.00 – 21.00 Wita

Tempat : Aula PKBI

Jl. Gatot Subroto IV/6 Denpasar

Kontribusi peserta : Rp 10.000,00 (Konsumsi, pin dan stiker)

So,,, tunggu apa lagi ? bagi kamu yang ngaku remaja, kamu harus gabungan di acara valentine’s day for youth yang diselenggarakan oleh KISARA PKBI Bali. Info lebih lanjut hubungi kita di :

KISARA (0361) 430200

Arindie 081916718400

One Response to Valentine’s Day for Youth “Blind Love: Makes U’r Choice”

  1. pramesemara says:

    sukses Blind Valentine yah
    Tapi klo sempet dateng jg diacara kisara juga
    yg diadain Bali blogger community-Kisara Youth Clinic di Lap Renon jam7-11am.–> Bloody valentine

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: